Pages

Minggu, 15 April 2012

IT Essential Chapter 1 (1.5)

Mengidentifikasi Nama, Tujuan, dan Karakteristik Port dan Kabel

Input / output (I / O) port pada komputer menghubungkan perangkat periferal, Seperti printer, scanner, dan drive portabel. Port berikut dan kabel yang umum digunakan:

1. Serial
2. USB
3. FireWire
4. Paralel
5. SCSI
6. Jaringan
7. PS / 2
8. Audio
9. Video

Serial Port dan Kabel
Sebuah port serial dapat berupa DB-9, atau DB-25 konektor laki-laki. Port serial mengirimkan satu bit data pada satu waktu. Untuk menghubungkan perangkat serial, kering sebagai modem atau printer, dan kabel serial harus digunakan. Kabel serial memiliki panjang maksimum 50 kaki (15,2 m).

USB Port dan Kabel
Universal Serial Bus (USB) merupakan standar interface yang menghubungkan perangkat periferal ke komputer. Ini pada awalnya dirancang untuk menggantikan koneksi serial dan paralel. Perangkat USB hot-swappable, Yang berarti bahwa pengguna dapat menghubungkan dan memutuskan perangkat saat komputer dinyalakan. Koneksi USB dapat ditemukan pada komputer, kamera, printer, scanner, perangkat penyimpanan, dan banyak perangkat elektronik lainnya.

FireWire Port dan Kabel
FireWire adalah kecepatan tinggi dan ditukar antarmuka yang menghubungkan perangkat periferal ke komputer. Sebuah port FireWire tunggal di komputer dapat mendukung hingga 63 perangkat. Beberapa perangkat juga dapat diaktifkan melalui port FireWire, Menghilangkan kebutuhan untuk sumber daya eksternal. FireWire IEEE 1394 menggunakan standar dan juga dikenal sebagai i.LINK.

Standar IEEE 1394a mendukung kecepatan data hingga 400 Mbps dan panjang kabel hingga 15 kaki (4,5 m). Standar ini menggunakan konektor 6-pin atau konektor 4-pin. IEEE 1394 standar Memungkinkan untuk rentang yang lebih besar koneksi, termasuk CAT5 UTP dan serat optik. Tergantung pada media yang digunakan, kecepatan data yang didukung hingga 3,2 Gbps dengan jarak 100 meter.
Paralel Port dan Kabel
Sebuah port paralel pada komputer dengan tipe standar Sebuah konektor DB-25 betina. Konektor paralel pada printer dan merupakan Tipe B standar 36-pin konektor Centronics. Beberapa printer baru dapat menggunakan F Jenis high density 36-pin konektor.
SCSI Port dan Kabel
Sebuah port paralel SCSI dapat mengirimkan data pada tingkat lebih dari 320 Mbps dan dapat mendukung hingga 15 perangkat. Sebuah port SCSI di komputer dapat menjadi salah satu dari tiga jenis, seperti yang ditunjukkan pada Gambar 2:
- 50-pin konektor
- 68-pin konektor
- 80-pin konektor

PERHATIAN: Beberapa konektor SCSI kemiripan konektor paralel. Hati-hati untuk tidak menghubungkan kabel ke port yang salah. Tegangan yang digunakan dalam format SCSI dapat merusak antarmuka paralel. SCSI konektor harus jelas berlabel.

Jaringan Port dan Kabel
Sebuah port jaringan, juga dikenal sebagai port RJ-45 yang menghubungkan komputer ke jaringan. Kecepatan koneksi tergantung pada jenis port jaringan. Standar Ethernet dapat mengirimkan hingga 10 Mbps, Fast Ethernet dapat mengirimkan hingga 100 Mbps, dan Gigabit Ethernet dapat mengirimkan hingga 1000 Mbps

PS / 2 Port
Sebuah port PS / 2 menghubungkan keyboard atau mouse ke komputer. Port PS / 2 adalah 6-pin mini-DIN konektor perempuan.
Audio Ports
Sebuah port audio menghubungkan perangkat audio ke komputer. Port audio berikut ini umum digunakan,
1. Line In - Menyambungkan ke sumber eksternal, kering sebagai sistem stereo
2. Mikrofon - Menyambungkan ke mikrofon
3. Line Out - Menyambungkan ke speaker atau headphone
4. Gameport / MIDI - Menyambungkan ke joystick atau perangkat MIDI-dihubungkan

Video Port dan Konektor
Sebuah port video menghubungkan kabel monitor ke komputer. Ada beberapa port video dan jenis konektor:
1. Video Graphics Array (VGA)
2. Digital Visual Interface (DVI)
3. High-Definition Multimedia Interface (HDMI
4. S-Video
5. Komponen / RGB

Source : Offline Moduls IT Essential Chapter 1

0 komentar:

Posting Komentar