Pages

Selasa, 03 April 2012

IT Essential Chapter 1 (1.4.2 - 1.4.3)

1.4.2 Jelaskan nama, tujuan, dan karakteristik CPU

Unit pengolahan pusat (CPU) yang Dianggap otak dari komputer. Kadang-kadang dimaksud dengan prosesor. Perhitungan Kebanyakan terjadi di CPU. Dalam hal daya komputasi, CPU adalah elemen yang paling penting dari sebuah sistem komputer. CPU datang dalam faktor bentuk yang berbeda, dan gaya masing-masing Membutuhkan Slot khusus atau soket pada motherboard. Produsen CPU umum meliputi Intel dan AMD.

CPU socket atau slot adalah konektor yang interface antara motherboard dan prosesor itu sendiri. ZIF mengacu pada jumlah gaya yang dibutuhkan untuk menginstal CPU ke dalam soket motherboard atau slot. Slot prosesor berbasis cartridge yang berbentuk dan bugar ke slot yang terlihat mirip dengan slot ekspansi. Gambar 1 daftar spesifikasi CPU socket umum.


CPU yang mengeksekusi program, adalah urutan instruksi yang tersimpan. Setiap model prosesor memiliki set instruksi yang dijalankan. Ada dua arsitektur CPU utama yang berhubungan dengan set instruksi:

Instruksi Set Computer dikurangi (RISC) - Arsitektur menggunakan set instruksi yang relatif kecil, dan RISC chip dirancang untuk menjalankan instruksi ini sangat pesat.
Instruksi Set Kompleks Komputer (CISC) - Arsitektur menggunakan set instruksi yang luas, sehingga lebih sedikit langkah per operasi.

Beberapa CPU menggabungkan HyperThreading untuk meningkatkan kinerja dari CPU. Dengan HyperThreading, CPU memiliki beberapa bagian dari kode dieksekusi secara bersamaan pada setiap pipa. Ini adalah sistem operasi, sebuah CPU dengan Hyperthreading Tampaknya dua CPU.

Kekuatan CPU diukur dengan kecepatan dan jumlah data yang dapat memproses. Kecepatan CPU adalah nilai dalam siklus per detik. Kecepatan CPU saat ini diukur dalam jutaan siklus per detik, yang disebut megahertz (MHz), atau miliaran siklus per detik, yang disebut gigahertz (GHz).
Overclocking adalah teknik yang digunakan untuk membuat kerja prosesor pada kecepatan lebih cepat dari spesifikasi aslinya. Overclocking bukan cara yang dapat diandalkan untuk meningkatkan kinerja komputer dan dapat menyebabkan kerusakan CPU.
Single Core CPU - Satu inti di dalam chip CPU tunggal yang menangani semua kemampuan pemrosesan. Sebuah produsen motherboard dapat Memberikan soket untuk lebih dari satu prosesor tunggal, menyediakan kemampuan untuk membangun, kuat multi-prosesor komputer.
Dual Core CPU - Dua core di dalam chip CPU tunggal di mana kedua core dapat memproses informasi pada saat yang sama.

1.4.3 Mengidentifikasi nama, tujuan, dan karakteristik sistem pendingin


Komponen elektronik menghasilkan panas. Panas disebabkan oleh aliran arus dalam komponen. Komponen komputer melakukan lebih baik bila tetap dingin. Jika panas tidak dihilangkan, komputer dapat berjalan lambat. Jika terlalu banyak panas membangun, komponen komputer bisa rusak.
Sebuah kipas kasus, ditunjukkan pada Gambar 1, dipasang di casing komputer untuk membuat proses pendinginan lebih efisien.
Selain kasus penggemar, dan heat sink menarik panas dari inti CPU. Sebuah kipas di atas heat sink, ditunjukkan pada Gambar 2, bergerak panas dari CPU.
Komponen lain juga rentan terhadap kerusakan akibat panas dan kadang-kadang dilengkapi dengan kipas. Video kartu adapter juga menghasilkan banyak panas. Fans berdedikasi untuk mendinginkan unit pengolahan grafis (GPU), seperti terlihat dalam Gambar 3
Komputer dengan CPU sangat cepat dan GPU dapat menggunakan sistem pendinginan air. Air dipompa ke radiator untuk didinginkan oleh udara, dan kemudian kembali beredar.
Source : Offline Moduls IT Essential Chapter 1

0 komentar:

Posting Komentar