Pages

Kamis, 05 April 2012

IT Essential Chapter 1 (1.4.4 - 1.4.5)

1.4.4 Mengidentifikasi nama, tujuan, dan karakteristik ROM dan RAM

ROM
Chip Read-only memory (ROM) terletak pada motherboard. Chip ROM berisi instruksi yang dapat langsung diakses oleh CPU. Instruksi dasar untuk boot komputer dan loading sistem operasi disimpan dalam ROM. Chip ROM mereka mempertahankan isi bahkan ketika komputer dimatikan. Isi tidak bisa dihapus atau diubah dengan cara normal.
RAM
Random access memory (RAM) adalah penyimpanan sementara untuk data dan program yang sedang diakses oleh CPU. RAM adalah memori volatile, yang berarti bahwa isi akan terhapus saat komputer dimatikan.

Cache
SRAM digunakan sebagai memori cache untuk menyimpan data yang paling sering digunakan. SRAM menyediakan prosesor dengan akses cepat ke data daripada mengambilnya dari DRAM lebih lambat, atau memori utama.
Pemeriksaan Kesalahan
Kesalahan memori terjadi saat data tidak disimpan dengan benar dalam chip RAM. Komputer menggunakan metode yang berbeda untuk mendeteksi dan memperbaiki kesalahan data dalam memori.

1.4.5 Mengidentifikasi nama, tujuan, dan karakteristik dari kartu adapter

Kartu adapter meningkatkan fungsionalitas dari komputer dengan menambahkan controller untuk perangkat tertentu atau dengan mengganti port rusak. Kartu adapter digunakan untuk menyesuaikan dan memperluas kemampuan komputer:
- NIC - Menghubungkan komputer ke jaringan menggunakan kabel jaringan
- Wireless NIC - Menghubungkan komputer ke jaringan dengan menggunakan frekuensi radio
- Suara adapter - Menyediakan kemampuan audio
- Video adapter - Menyediakan kemampuan grafis
- Modem Adapter - Menyambungkan komputer ke Internet menggunakan saluran telepon
- SCSI adapter - Menyambungkan perangkat SCSI, drive kering dan keras atau drive tape, dan komputer
- RAID adapter - Menyambungkan beberapa hard drive ke komputer untuk Memberikan redundansi dan untuk meningkatkan kinerja
- Port USB - Menyambungkan komputer dengan alat tambahan
- Parallel port - Menyambungkan komputer dengan alat tambahan
- Serial port - Menyambungkan komputer dengan alat tambahan
Komputer memiliki slot ekspansi pada motherboard untuk menginstal kartu adapter. Jenis konektor kartu adapter harus sesuai dengan slot ekspansi.

0 komentar:

Posting Komentar